Mon, 11 Dec 2017 00:16:52

The first step in the acquisition of wisdom is silence, the second listening, the third memory, the fourth practice, and the fifth: teaching others [Solomon ibn Gabriol]

Bagaimana cara mengetahui seseorang telah mengetahui sesuatu? Gampang saja, suruh ia menjelaskannya. Dan semakin sederhana penjelasan seseorang, berarti semakin tinggi level penguasaan terhadap masalah tersebut. Sayangnya kita sering berpikir sebaliknya. Kita beranggapan semakin canggih penjelasan seseorang, pasti dia semakin cerdas. Dan itulah penyakit para pakar: hidup dalam dunianya sendiri. Terkurung elitisme pengetahuan yang tak dimiliki orang kebanyakan. Terjerat istilah-istilah teknis. Termasuk bidang ekonomi bisnis. Bukankah Kita sering membaca tulisan ekonomi yang kering? Terlalu banyak data dan angka sehingga hampir tak ada jiwa didalamnya.

Mengapa kita tidak dapat menjelaskannya secara sederhana dan penuh rasa? Kegeraman dan kekesalan inilah yang mendorong kami mendirikan blog ini: ekonom gila. Untuk apa menjelaskan ekonomi bisnis yang tidak dapat dimengerti? Jika teori ekonomi bisnis dapat dibuat menyenangkan, untuk apa dibuat susah? Karena kami yakin, tulisan dan buku-buku teks ekonomi bisnis dimasa depan harus dibuat seperti lem alteco: ringan, tapi nempel kaya perangko.

Apa?

Ekonom gila adalah blog terbuka. Keroyokan. Tempat berkumpulnya pecinta ekonomi bisnis yang sedang belajar menulis. Disini kita bisa saling berbagi pengetahuan, memberikan masukan, dan appresiasi penghargaan. Kata GILA disini hanyalah diferensiasi marketing. Sebelumnya sempat terpikir ekonomesum atau dodolnomics. Tapi Kita tak harus bergaya sok gila, cukup tulislah berdasarkan kepribadian Anda. Karena saya yakin kepribadian kita jelas unik dan berbeda.

Mengapa?

Saya tahu Anda mengenyam pendidikan di kampus terbaik negeri ini. Kita sudah terbiasa berdiskusi, berdialektika, dan mengembangkan pemikiran. Mengapa kita tidak meneruskan kebiasaan baik ini? Dengan bergabung dalam blog bersama, kita bisa saling mengisi dan berinteraksi. Berbagi. Apa saja. Kita akan membentuk kelompok master mind. Bagi Anda yang berada di dunia korporasi bisa membagikan pengalaman menjadi professional dan ilmu yang dimiliki. Untuk yang tumbuh di birokrasi dapat membagikan pengalaman dan pertimbangan dalam mengambil sebuah kebijakan. Jangan lupa yang menjadi entrepreneur juga bisa membagikan suka duka dalam mendirikan bisnis.

Mari mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan. Kondisi dimana pengetahuan bukanlah komoditas yang diperdagangkan dan diberi label harga diatasnya. Masyarakat cinta pengetahuan, beranggotakan manusia-manusia yang sadar: pengetahuan baru diperoleh dengan berbagi pengetahuan lama yang ia miliki. Dan semua semakin mungkin lewat revolusi digital. Kehadiran social media membuat manusia semakin sering berinteraksi dan membutuhkan informasi berisi. Untuk itulah kita hadir disini.

Apa yang Ekonom Gila berikan? MASA DEPAN.

Kita tidak hanya sedang menulis blog keroyokan. Kita sedang menulis pemimpin masa depan: Anda sendiri. Dengan terbiasa menulis (min 1 bulan 1 tulisan), Kita akan melatih diri sendiri. Berlatih berpikir sistematis kreatif. Berlatih komunikasi tertulis. Berlatih mengembangkan kapabilitas yang kita miliki. Bayangkan 10 tahun lagi kita menjadi pengamat di media massa, atau narasumber terpercaya. Bagaimana mungkin hal itu tercapai jika kita tidak pernah berkarya? Apapun profesi Anda: auditor, akuntan, birokrat, bankir, broker, dosen, analis, peneliti, agen asuransi, marketing manager, jurnalis, sampai ibu rumah tangga sekalipun, kebiasaan menulis akan mempertajam pengetahuan yang kita miliki. P

ublic juga akan semakin tahu kapabilitas dan kemampuan kita, ujung-ujungnya dapat digunakan sebagai sarana personal branding (pengembangan positif dari narsist :p). Dan kita harus sabar. Ekonom gila adalah sarana berkarya bagi penulis ekonomi bisnis pemula. Disini kita semua belajar. Tak ada hasil instant, tak ada yang jadi dalam semalam. Semua membutuhkan proses panjang dengan berbagai halangan yang melintang. Aturan Teknis Gampang, kita menulis tentang ekonomi bisnis. Masalah tema, bahasa, gaya, jumlah kata: BEBAS. Tak ada aturan. Yang penting kita menulis min 1 tulisan setiap bulan. Saya tahu Anda sangat sibuk, tapi 1 tulisan tiap bulan adalah hal yang realistis dan sangat mungkin dilakukan. Ingat manfaat jangka panjangnya. Ingatlah jika menulis dan berbagi dapat meningkatkan pengetahuan yang kita miliki.

Kemana Kita?

Dalam jangka pendek, kita berfokus untuk menulis dengan teratur. Juga berusaha menjaring semakin banyak “orang gila” yang bersedia menulis. Tak lupa berpromosi meningkatkan traffic blog. (masalah rencana strategis akan dibahas nanti). Di tahun 2012, kita dapat menerbitkan buku kumpulan tulisan ekonom gila. Sekarang, menerbitkan buku bukanlah hal yang sulit, apalagi lewat jalur indie. Bahkan kita bisa menerbitkan hanya satu buku, dan menerapkan made to order. Biaya juga semakin murah. Dengan mengurus ISBN, Anda dapat terdaftar sebagai penulis buku yang tercatat di katalog nasional. Credit point yang hebat bagi pelamar beasiswa.

20 Tahun Lagi 20 tahun lagi, Ekonom Gila akan menjadi blog think tank ternama. Tempat berkumpulnya penulis-penulis ekonomi bisnis hebat. Saat itu, Anda sudah menjadi tokoh masyarakat. Kita sudah terbiasa menganalisa permasalahan yang ada. Memberikan solusi dan prediksi peristiwa ekonomi yang mungkin terjadi. Saya yakin 20 tahun lagi Anda akan menjadi pemimpin besar masa depan. Entah di dunia birokrasi, korporasi, entrepreneurship, social kemasyarakaan, atau minimal keluarga kita sendiri. Menulis akan membantu diri Kita sendiri. Mengembangkan thinking skill dan communication skill. Di malam hari, tiba-tiba Anda teringat. 20 tahun yang lalu kita semua hanyalah sarjana ekonomi biasa. Tapi menulis membuat segalanya berbeda. Kebiasaan menulis telah membuka pikiran Anda, mewarnai horizon cakrawala Anda, membuka mata dunia, bahwa Anda: pernah ada. Mari berusaha mengubah dunia lewat Ekonom Gila.

Yoga P.S